Friday, September 4, 2020

Trip Gunung #1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Welkambek untuk gw di blog gw sendiri haha, haduh haduh kebiasaan aplot beberapa tahun sekali. kalimat terakhir kayakny bakal akan selalu muncul di setiap entrian cerita gw di blog ini haha. Ya balik lagi tidak apa2 soalnya ya blog sendiri kenapa dibikin ribet harus rajin aplot seminggu 2x kayak youtuber? toh dapet duit juga ngga buat seneng2 aja gitu wkwk

Oke kali ini mau ngeshare pengalaman pertama gw nanjak gunung. Niat mau nanjak gunung sebetulnya sudah lama sejak jaman kuliah. Masih inget banget pernah buat rencana sekitar tahun 2014 sama temen kuliah buat nanjak gunung gede via cibodas. Seperti biasa wacana hanya sebatas omongan tanpa aksi nyata, sampe lulus kuliah, masing2 kerja dan sampe ada yg udah nikah punya anak pun ga terlaksana wkwk. Tp memang takdirnya keinginan buat nyoba naik gunung akhirnya terlaksana pada agustus 2019. Temen masa madrasah aliyah gw si iqbal yg memprakarsai rencana kali ini.  Eits tapi persiapan ga semulus kulit bintang iklan nivea di tv, ada aja drama nya. Sebagai pendaki pemula gw sama si syeikhan temen MAN gw juga berdomisili di bdg pada waktu itu belum punya alat pendakian sama sekali. karena orangnya biasa butuh prepare sebelum ngelaksanain apa2, gw sm syeikhan banyak tanya sama si iqbal alat apa aja yg harus kami siapkan baik utk pribadi maupun kelompok nanti. Si iqbal ini sendiri domisili di garut krn kebetulan penugasan kerjanya disana. Iqbal sendiri setau gw baru kali ini juga mau naik gunung sama kayak gw dan syeikhan tapi seenggaknya dia kenal dengan beberapa temen dia lainnya yg udah pengalaman naik gunung. Simpang siur komunikasi via WA terkait alat dan logistik yg harus disiapkan sempet buat gw jd kesel sama ni anak. emang dimana2 komunikasi itu yg terpenting gais. tapi akhirnya dengan alat seadanya minjem sana sini dan nyewa di tpt khusus outdoor2 gitu kami berdua berangkat dari bdg menuju garut krn kebetulan gunung pertama yang akan kami daki di kabupaten garut tp blm tau gunung apanya yg ptg berangkat aja dulu.

FYI rencana awal untuk naik gunung agustus ini ada sekitar 9 orang klo gw ga salah inget yg terdiri dari kami bertiga dan temen penugasan iqbal lainnya, tp semakin mepet dgn tanggal pendakian satu persatu temen si iqbal berguguran ga jadi buat join krn ada satu dan lain hal. Pada akhirnya tersisa 5 org yang akan melakukan pendakian termasuk kami bertiga. 2 org lagi adalah perempuan, jadi ada 3 cowo ngenes dan 2 perempuan tangguh akan menjajal gunung yg ada di kabupaten garut. hari yang ditunggu2 pun tiba, 16 agustus 2019 menjadi sejarah di hidup gw krn akhirnya kesampaian juga keinginan gw untuk nyoba ngejajal jalur pendakian sejak 5 tahun lalu yg hanya sekedar wacana. kami berlima berangkat dari homestay nya si iqbal menuju destinasi kami. Tapi tunggu dlu di sepanjang jalan sebetulnya kami belum juga menentukan gunung apa yg bakal kami daki. mampir ke tpt sewa tenda dll, nongkrong di pom bensin, ke pusat kota ke toko outdoor, sholat dzuhur belum juga titik temu mau guntur, cikuray atw papandayan nih. namun setelah bolak balik sana sini, sini sana akhirnya sepakatlah kami untuk ke papandayan kala itu dan lgsg otw menuju pintu gerbang masuk kawasan papandayan. sebelum masuk lebih jauh kami mampir dlu ke alpamart buat beli logistik selama 2 hari 1 malam kami di papandayan nanti.

Lanjut kami menuju pintu gerbang masuk kawasan wisata gn. papandayan, kami dihadang oleh beberapa bapak2 yang meminta kami sejumlah uang. waduh dipalak nih? haha

Kaga lah becanda ege, itu emg loket retribusi masuk kawasan sana. Papandayan dulu dan skrg beda kata org2 yg pernah kesana sebelumnya. kenapa beda ya skrg udh jadi kawasan wisata, biaya masuk dan lainnya lebih mahal dibanding dlu. yang gw observe sebelumnya dari artikel dan yutup ke gunung itu paling cuma bayar parkir *klo yg bawa kendaraan pling juga 5k buat motor dan simaksi sebesar 10k-15k per orangnya. tp papandayaan mayan jauh dari sekedar 15k/org tp gw setuju sih dgn bung fiersa besari "gpp bayar sedikit mahal asal jelas larinya kemana uang yang kita bayarkan" dan demi mendukung keberlangsungan lingkungan hidup ya ga masalah sih.

Kami mampir sebentar ke salah satu warung nasi yg ada disana utk ngisi perut sebelum mulai pendakian. warung2 nasi dan souvenir emg banyak bgt dsana emg udh jd tpt wisata real tpt wisata wkwk. Oke lanjut abis selesai makan, ngatur2 ngerapihin tas carrier kami mulai pendakian sekitar jam stgh 4 sore abis ashar. jalan beberapa menit sdh disuguhkan pemandangan kawah dan bau belerang menyengat dari papandayan yg kata orang2 tandanya papandayan masih aktif. Hufftt ini krn persiapan fisik yg kurang atau emg krn pendaki pemula, sering bgt brenti krn beban dipundak berat bgt rasanya jadi nafas juga dikit2 engap padahal dari jarak start pendakian sampe ke area camp cuma butuh wkt 1,5-2 jam kurang lebih. saran gw sih buat yg lain jgn abai dgn persiapan fisik seminggu sebelum nanjak seenggaknya jogging jgn sampe engga terutama buat yg posisinya sama kayak gw pendaki pemula nih.

Jam 5an akhirnya kami sampai di area camp papandayan, melapor ke petugas nunjukkin simaksi dari post 1 dibawah dan dger arahan dari petugas utk berhati2 menyimpan logistik krn ancaman babi hutan di papandayan. kami disarankan utk menggantungkan logistik di pohon2 agar tdk terjangkau oleh babi2 tsb soalnya kalau kami menyimpannya di dlem tenda bisa2 pas malem tidur tenda kami diserang oleh babi2 itu. Seneng bgt keknya nulis BABI gw haha. abis itu nentuin posisi letak pasang tenda, siap2 ambil air masak nasi dan lainnya utk makan malem nanti. camp di papandayan sih enak soalny airnya melimpah, toilet jg banyak jadi aman kalo malem atw subuh ada panggilan alam utk nyetor. kebetulan gw sendiri subuh bsknya nyetor disana haha.dan di area camp juga ada warung2 lg ternyata jual logistik kopi2 mie dll. bner2 enak deh di papandayan mah. Bener juga kata org2 kalo papandayan mah bukan naik gunung tapi camping wkwk.

Oiya sekilas dikit pas mlemnya nih pas udh pada tdur smua, gw kebangun tuh krn kaki gw dingin blm masang kaos kaki. itu sekitar jam 2 atw 3 klo ga salah gw liat di jam tangan. temen gw yg lain tdur pules tuh kayaknya jd gw sendiri yg terjaga. waktu itu gw dger ada org yg lg ngobrol dideket tenda kami, kenapa gw blg deket krn suaranya jg kedengeran di sebelah tenda kami bgt ya sekitar 2 meter dri tenda kami. sekedar info lg posisi tenda kami ini sebetulnya ga deket2 bgt dgn tenda pendaki lainnya jadi klo mereka ngontrol jg ga sejelas dan kerasa sedeket itu juga dengan tenda kami. Mulai mikir aneh2 dah gw wkt itu, ini siapa sih yg lg ngobrol? klo bapak2 yg di warung jg kayaknya ga mungkin soalny warungny jg jauh dari tenda kami. Tapi akhirnya gw paksain tdur lg aja drpd makin liar pikiran gw. dan alhamdulillah nya bisa tdur lagi bangun subuh buat sholat dan nyetor kata gw sebelmnya haha. air gunung bikin silit gw mati rasa cuy haha.

Paginya sekitar jam 7 kami hiking ninggalin tenda menuju area edeilwess dan hutan mati papandayan. Masha Allah indah bgt emg pertama kali liat edeilwess lgsg dari pohonnya. hutan mati juga dan kawah belerang yg jauh lbh besar kelihatan dri atas lgsg. cekrek2 dikit buat dokumentasi kebutuhan konten dan memori idup trus balik ke tenda buat mkn lg dan beres2 turun ke bawah lagi. Ya begitulah standar pendaki klo naik gunung cuma semalem ngecamp trus bskny summit trus turun lg ke basecamp post 1 dibawah.

Pengalaman ini jd yg berharga buat gw pribadi krn jd yg pertama gw mendaki gunung dan ternyata naik gunung itu emg buat nagih haha. dan sampe cerita ini gw post gw udh naik 2 gunung lainnya di jawa tengah dan di garut tapi kalo gw ad mood buat nulis lg gw ceritain pengalaman 2 gunung itu 😆

Ini ada beberapa hasil cekrekan pemandangan di papandayan. smg jadi motivasi kalian yg blm pernah nyoba naik gunung buat naik gunung.